Serbuan Laron… Lagi?

Lagi kontrakanku diserbu laron… Entah udah berapa kali dalam bulan oktober ini. Maklumlah rumah tua, tapi aku cukup betah tinggal di sini. Penasaran banget kok banyak laron. Trus kenapa abis terbang ke cahaya lalu mati. Taunya laron itu adalah rayap yg bersarang di kayu rumah. Kalau kata wikipedia gini ni: Rayap adalah serangga sosial anggota bangsa Isoptera yang dikenal luas sebagai hama penting kehidupan manusia. Rayap bersarang di dan memakan kayu perabotan atau kerangka rumah sehingga menimbulkan banyak kerugian secara ekonomi. Rayap masih berkerabat dengan semut, yang juga serangga sosial. Dalam bahasa Inggris, rayap disebut juga “semut putih” (white ant) karena kemiripan perilakunya.

Sebutan rayap sebetulnya mengacu pada hewannya secara umum, padahal terdapat beberapa bentuk berbeda yang dikenal, sebagaimana pada koloni semut atau lebah sosial. Dalam koloni, rayap tidak memiliki sayap. Namun demikian, beberapa rayap dapat mencapai bentuk bersayap yang akan keluar dari sarangnya secara berbondong-bondong pada awal musim penghujan (sehingga seringkali menjadi pertanda perubahan ke musim penghujan) di petang hari dan beterbangan mendekati cahaya. Bentuk ini dikenal sebagai laron atau anai-anai.

Contohnya kayak di dinding ini. Rayap berhasil menjebol dinding dan membuat lubang keluar buat jadi laron.

Lalu ditemukan banyak sarang telur rayap di kusen pintu.

Kalau bentuk laron kayak gini:

 

 

 

Yang buat penasaran itu kok abis terbang, laron bisa langsung mati??? Jadi inget nasyid dari Fatih yang jenaka. Judulnya Ikan, Laron, dan Semut.

Aku senang, aku senang
Tapi bingung, aku bingung
Aku senang, aku senang
Tapi heran, aku heran..

Dan akupun bertanya..
Pada laron-laron berterbangan
Kenapa kau hidup semalam…
Dan Iapun menjawab,Tiada tersiap..
Walau hanya semalam aku hidup di dunia
Karna dalam semalam..
aku hidup, Ku sebut Tuhanku…

Dan laronpun menjawab,Tiada tersiap..
Walau hanya semalam aku hidup di dunia
Karna dalam semalam,aku hidup, Ku sebut Tuhanku…

Ya… harus malu dengan laron yang selalu bertasbih pada-Nya.

Balik lagi soal laron alias rayap alias anai2, Aku menemukan artikel yang membahas tentang fakta-fakta laron. Menarik buat dibaca.

1.  Laron adalah Rayap
Laron adalah Rayap jantan dan betina yang sudah matang. Rayap akan memiliki sayap ketika dia telah memasuki usia matang untung melakukan reproduksi membentuk koloni baru.
2.  Laron Keluar pada awal Musim Penghujan
Rayap Jantan dan Betina yang sudah matang dan memiliki saya akan keluar di awal musim penghujan. Sehingga kedatangan Laron sering dianggap sebagai pertanda awal musim penghujan.
3.  Laron berkumpul untuk Mencari Pasangan
Pada awal musim penghujan, rayap yang telah dewasa (atau Laron) akan keluar dari sarang dan mencari pasangannya dengan berkumpul di sekitar sumber cahaya.
4.  Laron Hanya Hidup Satu Malam
Sebenarnya Laron atau juga Rayap Dewasa tidak lah hidup satu malam. Laron adalah Rayap, dan tentunya dia telah hidup lama sebelum menjadi Laron. Laron yang mati adalah Laron yang tidak menemukan pasangannya akan mati saat fajar tiba. Sedangkan Laron yang menemukan pasangannya akan membentuk koloni baru dan Laron Betina atau Rayap Betina akan menjadi Ratu di Koloni baru nya.
5.  Laron Jadi Peyek
Bagi yang belum tahu mungkin peyek Laron ini agak sedikit mengagetkan. Namun, hal itu memang ada. Penduduk desa masih banyak yang membuat Peyek/Rempeyek dari Laron. Dan katanya rasanya seperti Peyek Udang.
6.  Laron jadi Umpan Memancing.
Laron juga bisa digunakan sebagai umpan memancing. Ikan yang biasanya memakan umpan ini adalah ikan mujair dan ikan nila.
Sumber: http://kishi-kun.blogspot.com/2011/11/6-fakta-unik-tentang-laron.html

Ingin ngobrol dengan saya?

Facebook Twitter Linkedin Tumblr Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kategori

Tweet-ku