Pergi Usia Dini dengan Meninggalkan Inspirasi

Yang muda yang berkarya, gunakan waktu mudamu sebelum tuamu nasehat yg sering aku dengar sejak SD. Belum lagi ditambah dengan motivasi-motivasi lain yang diberikan untuk membuat pemuda, mahasiswa untuk selalu bergerak. Petuah Hasan Albana, Bung Karno pun untuk pemuda dan mahasiswa. Jadi inget masa kuliah FK dulu yang bergerak dinamis, bergejolak, penuh semangat. Kombinasi aktivitas perkuliahan FK yang padat dan aktivitas organisasi kemahasiswaan, disertai dengan teman-teman unik :) yang terkadang buatku rindu tuk mengulang kenangan itu. Lho kok mendadak inget kisah zaman dulu, beda banget dengan aktivitas sekarang. Padat dengan aktivitas ppds tiap harinya. Pasien lalu tindakan, terapi… Laporan kasus, referat, jurnal dll. Sambi mengurusi bisnis yang sedang berjalan. Sepertinya aku mulai sedikit lupa dengan semangat dan inovasi mahasiswa. Sepertinya rutinitas yang sama tiap harinya kadang membuat tidak kenal dunia luar. Yah, Membuat seolah-olah anak FK itu seperti berada dalam kotak.

 

Minggu, 4 November 2012

Ada apa ini?? Status BBM adik-adik pengurus FULDFK tertulis “FULDFK Berduka”. Kejadian apa? Semoga bukan hal yang gawat, gumamku dalam hati. Pukul 17.50 Azan magrib. Sholat dulu… Sambil menunggu separuh hatiku pulang.

Pukul 20.00 setelah lama dan seringnya BBku berbunyi ting ting, akupun tergerak membukanya. Tumben grup Alumni FULDFK yang lama mati suri mendadak bergeliat. Diskusi panjang…. Dan kabar yang cukup membuat terkejut…. Bus yang membawa delegasi adik-adik FULDFK kecelakaan. Innalillahi… Ada mahasiswa yang menjadi korban jiwa dan puluhan luka-luka. Rasanya entah kenapa sedih itu melingkupi diri. Aku tidak mengenal mereka, tapi aku sangat kehilangan. Bagaimanapun dulu aku pernah beraktivitas di FULDFK… FULDFK sudah menjadi keluargaku..

Ingatanku kembali ke masa itu… kegiatan-kegiatan mahasiwa di TBM, FULDFK, BEM, BSMI, pelayanan kesehatan gratis, sunatan massal, datang ke daerah-daerah bencana.

Di grup BB Alumni Bang visa mantan ketum FULDFK menggerakkan untuk mengumpulkan donasi. Karena sampe saat sekarang belum jelas siapa yang menanggung biaya korban, RS, dan tiket-tiket yang hangus. Adik-adik dari luar jawa tidak bisa pulang.

Senin, 5 November 2012

Pukul 05.00 Melanjutkan kembali gerilya pesan donasi yang semalem udah dikirim via BB, skrg lanjut ke social media yang laen. FB, Twitter, grup-grup social media.

===============================

Aslm.Wr.Wb.
Maaf mengganggu. Izin informasi.

Innalillahi wa Inna ilaihi Rojiun.Telah terjadi kecelakaan beruntun yg melibatkn bus yg mbawa delegasi mahasiswa2 FK Se-Indonesia td sore. Mahasiswa2 tsb baru sj pulang dari acara @antibiotic8 (Annual Training for Better Islamic  Organization&Health Islamic Conference) ke-8 di FK Unsoed yg rutin diadakan @FULDFK_Ind (Forum Ukhuwwah Lembaga Da’wah Fakultas Kedokteran se-Indonesia) scr nasional tiap tahun. Update terakhir kecelakaan ini mbawa korban 6 meninggal dunia, 22 luka-luka, yg lain selamat.
FULDFK adalah organisasi non profit yg jadi penaung seluruh Lembaga Da’wah FK se-Indonesia.sluruh mahasiswa FK yg muslim adalah konstituen kami. Alhamdulillah konsisten dg Islam moderat,memajukan Keislaman & Kedokteran.

Ujian ini menyatukan kami. Kami ingin membuka kesempatan membantu musibah ini, bagi guru/teman/saudara/TS kami, dlm bentuk infak/sumbangan ke Bank Syariah Mandiri a.n puspitasari 7031267891. Dana akan dialokasikan untuk:
1. Biaya tiket utk para delegasi mahasiswa FK yg terpaksa hangus (bus tdnya akan mengantar ke stasiun/bandara).
2. Biaya RS utk yg dirawat.
3. Santunan u klrga yg jd korban meninggal.
Konfirmasi donasi via SMS ke 083181603208 (Panitia di TKP) atau 085395203204

Tiada daya bagi kami membalas kebaikan smuanya, kecuali dari Allah SWT yg Maha Kaya. Salam dan terimakasih banyak atas perhatiannya,

dr. Pukovisa Prawiroharjo,SpS
Kontak saya di: @pukovisa HP: 0811139043, Pin BB: 29B7549E

Atau kontak
dr. Nurfanida Librianty
@DokterNida
PinBB: 262570DC

Dewan Pendiri FULDFK, Ikatan Alumni FULDFK

Berita bisa baca dikenal dg kecelakaan baturaden di:
http://video.tvonenews.tv/arsip/view/63863/2012/11/05/bus_mahasiswa_undip_unsoed_seruduk_rumah.tvOne
http://m.detik.com/news/read/2012/11/04/203143/2081070/10/kecelakaan-beruntun-di-baturaden-5-orang-tewas
http://jogja.tribunnews.com/m/index.php/2012/11/04/2-mahasiswi-kedokteran-undip-tewas

=====================================

Ting ting, BBM baru dari senior di FK UNSRI pukul 08.30 “Say, yakin valid datanya. Kecelakaan dimana say? Hati-hati banyak BC bohong soalnya. Hehehe.” Atau kok rekeningnya bukan rekening organisasi malah nama personal. Aku menjawab semua pertanyaan itu, bahwa berita itu benar, saya alumni FULDFK, yang meninggal 2 mahasiswi Undip boleh lihat diberita-berita. Dari semalam banyak yg menanyakan tentang kebenaran broadcast message dari para alumni. Alhamdulillah semua bisa mengcover.

 Pukul 10.00 Alhamdulillah jenazah kedua korban dibawa ke FK Undip dan dimakamkan di daerah masing-masing. Jenazah Novi akan diterbangkan ke Riau, sedangkan jenazah Esti akan dimakamkan segera oleh keluarga paman beliau karena kedua orang tuanya sedang berangkat haji sehingga tidak dibawa ke Bekasi. Para delegasi lainpun telah digantikan tiket yang hangus, kepastian tiket pulangnya telah ada. Semua korban mahasiswa yang luka biayanya ditanggung FK Unsoed.

Pukul 11.00 Di FB aku melihat ada post tentang tulisan dek Novi dengan judul Dosen Tak bernyawa di blognya http://novilialutfiatul.wordpress.com/2012/11/01/dosen-tak-bernyawa/ . Aku melihat tanggalnya 1 November. Subhanallah tepat 1 hari sebelum acara Antibiotic. Pertanda apa ini…. Sebuah pesan pengingat untukku dan pembaca lainnya. Sungguh kematianmu mengikutimu. Berbuat baiklah untuk persiapannya. Hidup itu misteri, Mati itu pasti…  Satu persatu aku baca tulisan lainnya… Banyak hikmah yang kau tinggalkan lewat tulisanmu dek Novi. Terima kasih. Semoga menjadi amal jariyah.

Selasa, 6 November 2012

Masih terbayang senyum dan mata cerdas mereka mengikuti materi acara ANTIBIOTIK 8, materi tentang MAHASISWA INGIN JADI RELAWAN.
” Bila Niat kita menjadi Relawan adalah Jihad fi Sabilillah, maka Allah menawarkan perniagaan dengan dijauhkan dari adzab yang pedih”
” Dan dengan itu, kita pun tidak pernah takut mati ketika menjadi Relawan”

Selamat jalan ananda ESTI NUHA ILMA ZAKIYYA dan NOVILIA LUTFIATUL KHOIRIYAH
semoga Allah menerima Syahid mu…kalian telah membeli perniagaan Allah itu tanpa menawar..

Tulis Abdul Mughni Rozy di grup FB FULDFK Pukul 08.05.

Deg, jantungku berdegup. Kalimat yang sangat mengena… dan aku pun mengaminkan doa.

Ya, Allah telah membeli harta dan jiwa muslim. Entah sudah berapa banyak dokter yang turut berperan menjadi relawan di daerah-daerah bencana dan konflik. Bertaruh nyawa demi surga, menyelamatkan banyak orang. Foto alm. Novi dengan bendera BSMI menjadi salah satu relawannya membuatku teringat kembali, sadar kembali hal-hal lain yang penting. Kemana peranmu? Apa hanya sekedar mengejar dunia? Dimana keberkahan usiamu? Kau yang memilih kau mau menjadi seperti apa?

Untuk membuat kesadaranku pulih aku membuka kembali tulisan sahabatku Kak Anton tentang salah satu perjalanan yang pernah aku jalani. Menjadi relawan adalah salah satu hal yang membuat jiwa ini tersentuh akan nilai kemanusiaan.

Ku jelajahi lagi FB mencari tulisannya. Akhirnya bertemu di http://www.facebook.com/notes/anton-da-karola/dari-padang-pariaman/289183560074 . Kupandangi lagi foto kenangan para relawan. Lalu terdiam

Pukul 15.00 Saya sudah koordinasi dengan Nesta, donasi kita tutup kata bang visa. Ok sekali lagi aku mengirimkan pesan ke social media.

==========================

Assalamu’alaykum Wr Wb, selamat sore

BM ini adlh lanjutan BM sebelumnya mengenai galang dana korban kecelakaan bus yg melibatkan mhs FK Undip dlm acara FULDFK. Alhamdulillah, karena izin-Nya Ia Menggerakkan hati-hati kita u peduli sesama.

Guru/saudara/teman yg dirahmati Allah,galang dana yg kami lakukan sbg keluarga besar FULDFK (alumni&pengurus) dibuat segera setelah kejadian, saat belum ada jaminan finansial dari manapun. Sementara kedaruratan biaya segera dibutuhkan,utamanya utk perawatan korban luka2, jg utk pengurusan jenazah & ganti tiket pulang pserta yg tpaksa hangus akibat kjadian ini.
Kabar baik dtg Senin pagi 5/11 2012 yg baru dipastikan realisasi seluruhnya malam. Terimakasih atas kontribusi Universitas Jend Soedirman atas kemudahan & penanggungan finansial sbagian besar biaya yg dibutuhkan. Juga kpd FK Undip yg telah sangat baik memberi penghormatan pd 2 almarhumah saudari kami, semoga Allah Anugerahkan pahala syahid mencari ilmu.

Saat ini dana donasi yg terkumpul pada rekening BSM Norek. 7031267891 a.n Puspitasari masih ada & berlebih. Sehingga setelah semua proses termasuk pemulangan jenazah selesai pagi ini, maka sumbangan resmi ditutup.

Sumbangan yg diterima setelah Selasa, 6/11/2012 pukul 15.00 WIB akan dialihkan untuk program2 amal sholeh & kedokteran Islam yg mjd visi FULDFK, kecuali donatur tak bsedia & mengontak kami.Sementara kelebihan dana, kami sdg konsultasi ahli fikih bagaimana solusi tbaik. Jk donatur boleh ikhlaskan u donasi program FULDFK, mhn kontak kami.

Laporan dana masuk & keluar akan ditampilkan terbuka dlm 2-3 hari ini d akun FB: Fuldfk indonesia part II, Grup FB: FULDFK INDONESIA (NEW), Twitter: @FULDFK_Ind & web resmi: www.medicalzone.org

Atas segala perhatian&bantuan kami ucapkan terimakasih.smoga Allah Membalas berlipat ganda.

Nesta Enggra Avicenna,SKed
Ketum FULDFK 2011-12
@nestaenggra HP: +6285263337067

dr.Pukovisa Prawiroharjo,SpS
Dewan Pendiri, Ikatan Alumni FULDFK
@pukovisa HP: 0811139043

dr.Nurfanida Librianty
@DokterNida , PinBB: 262570DC
Ikatan Alumni FULDFK

===================================

Pukul 15.45 Laporan Puspita donasi telah tekumpul lebih dari 45 juta. Dana yang ada akan disalurkan kepada para korban. Hanya dalam tempo kurang dari 2 hari banyak hati telah terketuk.

Jumat, 9 November 2012

Pukul 17.53 Ting ting. Notifikasi BBM. Muncul gambar di grup BB tulisan di dinding kamar Novi, hari ini beliau milad.

Tak ada kata selain memujimu Rabb. Mimpi-mimpi besar dari salah satu hamba-Mu. Semoga kami juga bisa menyeimbangkan mimpi antara dunia dan akhirat. Tawazun. Walau mimpi Novi belum sempat terwujud, tapi telah tercatat sebagai pahala. Niatpun telah Allah balas dengan menuliskan satu kebaikan untuknya.

Kata-kata Hasan Al-Banna yang selalu memberiku motivasi “Mimpimu hari ini adalah kenyataan hari esok” terngiang-ngian lagi di telingaku penuh arti.

 

Opini lain:

Facebook Twitter Linkedin Tumblr Email

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kategori

Tweet-ku