Dokter CPNS, sebuah kesempatan atau kekerdilan cita-cita

Tahun ini para dokter baik itu dokter lulusan baru maupun dokter yang kaya akan pengalamaan mencoba peruntungannya ikut CPNS. Kenapa semuanya berusaha? Kali ini ada hal lain yang ditawarkan. Motivasi Beasiswa BK alias tubel (tugas belajar) menjadi harapan bagi para dokter untuk dapat studi spesialisasi secara gratis.

Sebagian dokter menilai menjadi PNS adalah sebuah kesempatan. Bayangkan! sudah dapet gaji pasti tiap bulannya, ada tunjangan pensiun, dan tentunya momok PHK tidak mungkin terjadi bagi PNS, kecuali kalau negara ini bangkrut, bisa jadi akan terjadi PHK besar-besaran. Hal yang menarik sejak tahun kemarin adalah adanya program beasiswa BK dari pemerintah bagi para dokter untuk dapat mengambil spesialisasi secara gratis. Teorinya semua biaya akan dibiayai oleh pemerintah, baik itu pemerintah provinsi, kota, maupun daerah. Dampaknya, teman-teman satu angkatan saja begitu semangat mengikuti tes CPNS ini. Bahkan ada teman yang mengoleksi semua koran yang memuat pengumuman penerimaan CPNS pada hari itu. Lalu, ada lagi teman yang mengikuti beberapa tes CPNS di beberapa wilayah yang jadwal tesnya berbeda. Saat aku tanya kok semangat banget ikut CPNS? Nyaris semua menjawab, “Ya ikut lah. Kesempatan sekolah GRATIS! Jangan mikir PNSnya Nid, kejer sekolah gratisnya.” Mendengar itu tinggal aku yang bengong sambil dalam hati bilang aku ga sepakat..

Jadi PNS?.. Dari kecil aku diajarkan, mungkin tepatnya dicecoki oleh ortu bahwa tidak usah menjadi PNS. Menjadi PNS itu akan membatasi ruang gerak kita. Karena seorang pegawai itu harus tunduk dengan perintah atasan suka atau tidak, benar atau salah. Sistem negara ini mengarahkan seseorang untuk menjadi tidak baik. Kalau kita benar dibilang salah, kalau kita salah dibilang salah. Kesimpulannya, pasti kita yang salah. :) Kalau besar, kita itu harus jadi orang yang membuat pekerjaan, bukan kita yang kerja dengan orang. Udah terlalu banyak pengangguran di negara ini maka jadilah orang yang berusaha menciptakan lapangan kerja. Gitu biasanya bos bilang sejak aku SD. Akhirnya, sejak kecil Nida kecil pun tidak pernah terlintas untuk menjadi PNS.

Salah seorang sejawat pernah bilang begini, “Nid, kok kerdil banget ya jadi PNS.. Bener ga?”. Udah gaji kecil? Ga ada kerjaan alias pengangguran terselubung. Ditanya gitu, bingung juga jawabnya. Dokter CPNS itu sebuah kesempatan atau kekerdilan cita-cita tergantung siapa yang ditanya, siapa yang menilai. Ya.. kalau Nida yang ditanya paling cuma bisa jawab gini. Sayang aja, menurut Nida seorang Sarjana kayak kita itu punya potensi yang lebih besar dari sekedar menjadi pegawai biasa. Percuma dong, udah sekolah tinggi tapi tetep punya impian ga tinggi alias cita-cita kerdil. Idealnya, seorang yang punya background pendidikan tinggi haruslah punya kreativitas tinggi. Akan tetapi, kalau mau menjadi PNS ya jangan nanggung minimal ntar bisa jadi Kepala Dinas Kesehatan atau Direktur Rumah Sakit atau Menkes kalau perlu. Jangan sekedar pegawai biasa. Nah, akhirnya keren juga kan? Pas dah jadi pejabat tinggi jadi agen perubahan dong, yang salah dibenerin, yang mengot dilurusin. :)

Trus motivasi Nida sendiri gimana kok bisa-bisanya ikut CPNS juga? Sampe-sampe ditertawain temen dan diledekin. Ga bisa bayangin deh Nida jadi PNS. Bukan Nida banget! Kayak katak dalam kotak jadinya. Abisnya mo gimana lagi fren.. Udah jadi titah wak (sebutan kk perempuan mama di palembang) tertua. Wah, kalo wak udah bilang A mana bisa dilawan. Bos aja KO kok. He..He… yah, aku menganggapnya sebagai bakti keponakan kepada waknya :) dan tetap berusaha dan berdoa agar impianku tercapai. Semoga tercapai.. Amin.. Kalau tercapai, ya PNSnya tinggalin aja.

Di bawah ini ada kumpulan soal CPNS + bahan2.
Ini direquest oleh tmn sjawat dr. Rita di Jambi. Rita ini nih soalnya. Silakan di download. Tapi buat yang laen pengen DL juga bisa.

Kumpulan Soal CPNS Download di sini (2,981 MB)
Terdiri dari soal pengetahuan umum, bhs indonesia, inggis, tata negara, tes bakat de el el. Dalam file zip di atas ada 21 file lagi. Lumayan lengkap. Trus ada bahan2 yang bs dipelajari kayak logika, bhs indonesia, sejarah, uud45. Oya, ada file yang terkunci, paswordnya optimis.

Terakhir, met tes CPNS aja buat yang ikutan

Facebook Twitter Linkedin Tumblr Email

9 thoughts on “Dokter CPNS, sebuah kesempatan atau kekerdilan cita-cita

  1. kl pj pribadi nid, emg ga ada cita-cita sedikitpun buat jd PNS… ntah knapa, kok rasanya mentok aja… serasa jalan di tempat… ga bebas kemana-mana… apalagi dapet di daerah, wuihh, males bgt….
    kayaknya mending jd dosen aja, bs mngembangkan ilmu skaligus… en kl bisa mo buka usaha jg (spt yg pernah qt omongin nid…) ;p
    lagian kl dah jd PNS di suatu tempat en ternyata Allah menghendaki qt berjodoh dgn org dr luar kota, apa mau sering2 ninggalin suami krn tgs… kl pj sih ga mau, ga tau yg lain y…

    buat tmn2 yg bercita2 jd PNS, maap bknny mo mnyinggung atau apa… ini dimaksudkan agar pikiran qt lebih terbuka aja… coz nasib qt, qt sendiri yg nentuin… ya gak??

  2. yaa..pasti ada lebih dan kurangnya jd PNS..

    tp lumayan ko, kl dari segi penghasilan (aq g ngomong masalah gaji PNS y),.cb liat temenku yg ud jd dr pns. pagi2 dateng ke RSUD, ada jaga malemny siy..pulang siang, biz tu bisa buka praktek sore, mana selalu diikutkan pelatihan lagi (baru tw, kirain ikut pelatihan qt yg bayar, eh ternyata abis pelatihan qt yg dibayar-hehehe..maklum lha aq kn dokter baru, jd agak kaget, pulang2 dikasih duit-lumayan gede..cukup bwt spp qt 5 semester-wakakakak)..mana ada kesempatan sekolah gratis lg..wah tergiur jg si..

    tp….ternyata dari pengalaman pns lain (bukan dokter) mereka bilang, susah berekspresi, apalagi nyangkut kpartaian, kl g sejalan..bisa dipersulit d segala urusan,.

    sementara ni, cb di swasta dulu..lebih bebas berekspresi-hehehe

  3. assalamualaikum..
    sebelumnya mo konfirmasi file2 yang mba nida upload di humyo gak isa diunduh..bisa upload t4 lain gak spt 4shared.com dll..

    btw,ttg jadi pns bisa sekolah gratis..gak bnr 100%, buktinya istriku jg baru lu2s pns krn tuntutan ortunya.sebenarnya dia gk pgn..tp demi berbakti pd ortu ikutan tes dan alhamdulillah lu2s:)

    ngomong2 lg ttg sklh grtis bg dokter pns dlm hal ini PPDS-BK.kmrn istriku coba ikut tp skrg udah mundur..karena belum apa2 org dinkes udah minta “pelicin”, ditambah lagi info PPDS-BK gak jls n keliatan ditu2pi..

    jd pns gk bisa produktif…itu gak benar 100% dan gak salah 100%..sebenarnya kembali kediri kita masing-masing mau tidak menjadi agen perubahan..n kayaknya si dinegara kita kalo mo jadi agen perubahan mesti punya power dalam hal ini kekuasaan dan jg duit..

    jd klo kita masih tetep bisa menjaga ghiroh dan mampu memegang amanah..jk kita udah pny power ini..mari kita sama2 memperbaiki pemerintahan kita yang bobrok ini..

  4. ni topik lama ya.. tp boleh jg dikomentari…
    gw sebenernya nyesel jadi dokter pns, ga ada yang kita dapet selain seragam keki warna coklat dan status sosial semu di masyarakat.. lainnya nol besar, sudah sekolah mahal & sulit, trus dapet kerja gaji yang di dapat ga layak padahal kerjanya penuh resiko,bayangkan gaji ga sampe 3 jt!!!.. dapet apa sekarang, buat bayar seminar 6x habis dah gaji kita!… nyesel gw jadi dokter. bener kata ortu gw dulu, mestinya gw masuk teknik bukan kedokteran

  5. kenapa aku ga mau jadi dokter PNS. karena aku ga mau terjebak dalam sistem yang membikin kita jadi males, ga produktif, kerja separuh hati karena bayaran (yang memang hak kita) ga diberi dalam jumlah wajar sesuai kinerja. mungkin pas pertama mau masuk PNS kita pikir kita akan jadi “PNS yang beda”. tapi berapa lama idealisme itu akan bertahan ditempa cobaan dari sana sini?

  6. assalammualaikum,
    hmm jd pns ato ga y?sy dokter lulusan dr medan.sy dpt blog mbak nida ktika nyari soal ukdi,makasi bgt y mbak,bmanfaat bgt bhkn utk yg lulusan bkn unsri spt saya hehe.tp skrg bkerja d swasta d bogor,sy juga dtuntut oleh ortu utk jd pns krn bnyk kmudahan dsana sini bgitu jd pns,tp sy mulai bpikir hal yg beda..pasalnya bgini,saat ini sy sdh mngajukan utk ptt d daerah cianjur selatan yg notabene kurang tnaga dokter,sy sdh liat lokasinya memang jauh sekali dr fasilitas rs plg cma ada klnik kecil,sy kira sy bisa msk dgn mulus,tp alangkah lucunya masak sy sdh dtagih “biaya” utk bisa msk ptt daerah n iming2 kmudian bs loncat k pns bila ad formasi,dan itu pun nnti psti ad ongkos ny lg,sgt miris,ktika ingin mnolong malah dtodong.apakah smua sistem pns spt itu??mhn maaf bkn ingin mnyudutkan tp hal ini fakta yg tjadi d lapangan.sy btl2 mhn maaf bila ad yg ga stuju,tp itulah yg saya hadapi.tp sy ttp bhrp utk bisa msk d pns n brusaha utk mngubah,mudah2an hati saya tidak akan berubah stelah msk d dlmnya..Amin…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Kategori

Arsip

Be Doctorpreneur
- Sukses Manfaat-